Sabtu, 05 Februari 2011

Rp 2 Triliun Digelontorkan Untuk Berantas Kemiskinan dalam 3 Bulan

Jakarta - Pemerintah menyediakan dana Rp 2 triliun untuk program penanggulangan kemiskinan dan perlindungan sosial selama periode Januari-Maret 2011.
Menteri PPN/ Kepala Bappenas Armida Alisjahbana menyatakan, pemerintah menganggarkan dana program penanggulangan kemiskinan dan perlindungan sosial 2011 sebesar Rp 58,6 triliun.
Dari anggaran tersebut, lanjut Armida, pemerintah akan mengambil Rp 2 triliun untuk diberikan pada 3 bulan ini yaitu Januari, Februari, dan Maret 2011.
"Ini nanti kita ingin Januari, Februari, Maret, kita ingin digelontorin Rp 2 triliun sesuai rencana. Itu minimal," ujar armida saat ditemui di kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (2/2/2011).
Armida menyatakan penggelontoran dana tersebut sehubungan dengan percepatan realisasi anggaran karena sebelumnya dana tersebut dikucurkan pada sekitar April-Mei tiap tiap tahunnya.
"Januari belum, sedang (dalam proses) karena ada masalah dari administrasi penganggarannya. Makanya diupayakan kita selesaikan Februari-Maret, sekaligus 3 bulan. Kalau tujuannya, selama ini programnya sudah ada. Kalau tahun-tahun lalu baru April-Mei baru jalan, sekarang kita ingin Februari-Maret sudah jalan," ujarnya.
Adapun progam-program penanggulangan kemiskinan dan perlindungan sosial tersebut antara lain Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri, santunan untuk anak cacat, program padat karya, beasiswa untuk orang miskin, dan pelayanan dasar seperti Jamkesmas dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Tidak ada komentar:

MENU

KIRIM SMS GRATIS....